Bro sekalian, salah seorang Pengunjung tmcblog di medan menanyakan perihal motornya yang kehabisan bensin secara tiba tiba . . . apakah hal ini akan merusak mesin atau sistem Injeksi seperti fuel pump? Untuk hal ini tmcblog mencoba mencari tahu dengan mencoba bertanya pada dua sosok teknis di pabrikan yamaha dan Honda . . . adalah Pak AbidinnManager technical Support Division sebagai nara sumber dari YIMM dan Pak Sarwono Edhi dari Tech. Training Dev AHM . . . bagaimana menurut mereka berdua?
Pada dasarnya jawaban keduanya mirip yakni di sistem terkini Injeksi Honda dan Yamaha hal tersebut tak perlu dirisaukan . .. Menurut pak abidin pada sistem FI yamaha seburuk buruknya adalah Pada saat bensin turun maka tekanan fuelpump akan turun dari nilai normal yang berkisar di angka 250-300 KPa . . . lalu setelh itu Tersendat dan EG akan OFF . . . EG Off disini maksute ECM menyetop sinyal ke Fuel Pump dan fuel pump Berhenti bekerja.
Gimana setelah itu . . . ya menurut keduanya tinggal isi aja fuel pumpnya dnegan bensin yang sesuai dengan spek mesin . . . lalu putar kunci kontak . . . biasanya akan tedengar bunyi mendengin yang merupakan updaya fuelpump untuk memompa bahan bakar ke selang bahan bakar dan mempersiapkan tekanan yang sesuai untuk pembakaran sekitar 300 KPa . . . setelah itu menurut keduanya dalam keadaan normal motor akan balik lagi ke kerja semula
Ketakutan para pengguna mesin Injeksi adalah karena kasus yang biasa terjadi di mobil mobil injeksi (terutama diesel) jaman (sistem return pipe) dahulu dimana jika kehabisan bensin maka fuel pump akan bekerja dan akan membawa udara yang dapat ‘terjebak’ di saluran bahan bakar . .. Nah waktu itu memang mesin harus dibongkar dan ‘diisi’ bensin. Hal ini disebabkan udara yang ‘terjebak’ menghalangi aliran bensin dari fuelpump
Pada Sistem Injeksi motor , bensin yang dipompakan menggunakan sistem One way. Secara simpel pada sistem ini Bahan bakar setelah sebelumnya memalui filter dipompa dengan tekanan yang berkisar pada angka 294 kPa (Honda) . . . jadi tekanan yang di semprotkan oleh fuel pump akan diusahakan segitu . . . Gimana kalo lebih dari segitu? Pak edhi dari Honda menjelaskan, Tekanan akan dikurangi dengan cara mengeluarkan sebagian cairan yang dipompa dan di alirkan kembali ke tangki menggunakan regulator seprti yang bro bisa lihat di atas . . . so sekarang udah nggak paranoid kan sama bensin habis? . .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon komentar dengan bijaksana