Penjelasan dari
PT KAI,
Jangan Pernah bila menerobos palang
pintu kereta Api, saat kereta akan melintas
Penjelasan kenapa mesin mobil sering mati di atas perlintasan sebidang rel
KA ??.
1.Penjelasan teknis :
Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo, di
dlm dinamo ada unsur magnit yg cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada
3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar).
Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan
magnet sejauh 1KM dr lokomotif
2.Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan
rendah, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka
putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dapat seketika mati
akibat faktor medan
magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA.
Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA
mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap
menerobos/melintasi rel KA yg berjarak kurang dr 1 Km akan mengakibatkan mesin
dinamo dan koil mobil yg sdh lemah dpt mati.
Bila hal ini terjadi segera keluar dari
mobil anda, krn mesin mobil akan susah utk di stater kembali.
Maka di sarankan jgn melintasi rel KA bila sudah terlihat KA walaupun masih
berjarak 1 Km dr perlintasan sebidang demi keselamatan anda,
Ingat KA tdk bisa mengerem mendadak krn roda dan rel terbuat dr baja shg tdk
ada friksi, rata rata KA akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon komentar dengan bijaksana