Jumat, 05 Juni 2015

Obat Alami Darurat Untuk Diare di Rumah

Diare atau sakit mencret penyakit yang tidak disangka-sangka datangnya. Tadi siang sehat, malam hari tiba-tiba perut mules, kembung dan buang air berulang-ulang. Kalau kena sakit mencret pagi atau siang hari masih mending masih bisa beli obat di toko atau warung dekat rumah untuk pertolongan pertama. Lha, kalp kena mencret atau diarenya malam-malam, wah merepotkan juga ya!
Diare atau mencret sebenarnya adalah alarm tubuh dan juga sistem pertahanan tubuh yang sedang mengeluarkan racun, bakteri merugikan atau benda asing dari dalam pencernaan. Mencret atau diare merupakan gejala dari serangan penyakit pada tubuh kita, terutama pencernaan.
Saya termasuk orang yang mudah terserang penyakit di pencernaan, terutama jika kelelahan dan makan tidak teratur. Biasanya saya mengalami diare. Biasanya bila sedang menderita sakit mencret saya segera minum air sebanyak-banyaknya. Dan segera meminum obat anti diare yang dijual di apotik maupun toko obat. Namun, ada kalanya saat keadaan darurat, persediaan obat anti diare habis misalnya, saya menggunakan bahan-bahan tradisional yang ada di sekitar rumah. Diantaranya :
1. Kunyit
Kunyit memang memiliki khasiat antidiare. Kunyit kaya akan minyak atsiri, zat kurkumin, dll. Untuk mengobati diare dengan kunyit caranya, kupas 2 ibu jari kunyit yang besar dan tua, parut dengan parutan yang bersih, seduh dengan air hangat kira-kira  1/2 cangkir, tambahkan 2 sdm madu, aduk lalu diminum. Obat ini biasanya juga saya minumkan pada anak saya yang berusia 6 tahun, sebanyak 2 sdm racikan setiap kali minum.
2. Teh Pahit
Kalau tidak punya kunyit, bisa juga menggunakan seduhan teh yang tua dan pekat, lebih baik tidak menggunakan teh celup, tapi menggunakan teh dalam bentuk daun kering yang diseduh pekat, lalu minum 1/4 cangkir. Rasanya memang pahit, tapi obat ini manjur sekali. Bahkan pernah saya minum satu kali langsung diarenya mampet
3. Daun Jambu Biji
Daun jambu biji yang masih muda tak kalah ampuh mengatasi diare atau mencret. Kebetulan di rumah tetangga ada pohon jambu biji. Jadi saya minta ke tetangga daunnya aja, ambil yang pucuk dan masih hijau terang warnanya. Nggak usah banyak-banyak kira-kira 7 lembar, lalu cuci bersih, kunyah dengan sedikit garam untuk mengurangi rasa pahitnya dan telan airnya, lalu buang ampas daunnya. Namun jika tidak tahan pahit saat mengunyah bisa dengan cara menghaluskan daun muda jambu biji, tambahkan sedikit saja air matang, peras airnya, minum sekaligus.
Ramuan yang diminum tidak akan berfungsi jika Anda diare disertai dengan muntah, karena obat yang diminum tidak masuk sepenuhnya ke dalam pencernaan. Sebaiknya tangani dulu muntahnya dengan obat anti muntah. Minum air/ oralit yang banyak agar Anda tidak dehidrasi. Untuk mengurangi mulesnya gosokkan minyak kayuputih di area perut, biasanya saya akan memberikan kompres hangat di perut agar perut terasa nyaman dan mules melilit berkurang. Anda bisa membuat kompres sederhana dengan menggunakan botol air minum yang diisi air hangat, lalu bungkus dengan handuk dan letakkan di perut Anda, berbaringlah senyaman mungkin, biasanya saya lebih suka berbaring menyamping dan agak meringkuk untuk mengurangi rasa mulas di perut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar dengan bijaksana